Selasa, 16 Juni 2009

kecepatan dalam berbicara

Apakah anda pernah mendengar seseorang yang berbicara dengan speed alias kecepatan yang mengagumkan?kecepatan yang sangat cepat yang ketika anda mendengarnya maka anda akan dibuat terheran heran dan mungkin saja anda akan berpikir dalam otak anda dan mengatakan di dalam hati anda bahwa "wow,ini orang ngomongnya kok cepat buanget ya!".....ada?pernahkah berjumpa dengan orang seperti model ini???

Hahaha,tidak perlu anda jauh jauh mencarinya...."saya" lah contohnya loh :)...saya ini tipe model orang yang kalau berbicara itu mempunyai kemampuan speed yang cepat hihihihi.gak tahu ya apakah ini suatu kebanggaan tersendiri atau malah buat malu kali ye??jujur kalau dipikir pikir dulu ya saya ini tipe orangnya tuh pendiam sekali,saking pendiamnya di waktu saya sekolah SD sampai SMP pun,saya selalu didudukan disamping teman teman sekelas saya yang badung badung alias nakal nakal lah.saya terkenal sekali di kelas kalau saya ini orangnya pendiam.entah ya setelah saya sekolah ke luar negeri,lalu saya mulai bergaul dengan banyak teman teman dari luar negeri pula,dari bermacam macam negara,maka terbentuklah suatu kebiasaan suka berbicara.saya jadi berani bicara,jadi banyak bicara dan tanpa diminta pun maka saya akan berbicara dengan sendirinya.

Bila anda bertemu dengan saya pada waktu itu,maka anda akan terheran heran melihat saya.tapi Puji Tuhan,saya sudah meninggalkan kebiasaan saya yang dulu dan saya sudah berubah dengan lebih baik dibandingkan dulu.setelah saya mengikuti sekolah pemuridan.saya diajarkan untuk mengontrol cara bicara saya ini.kapan waktunya saya berbicara dan kapan waktunya saya berhenti berbicara.saya belajar banyak dan jujur pertama tama sulit melakukannya karena sudah menjadi kebiasaan selama bertahun tahun alias habit.istilah nya itu saya ini cerewet loh,dan tanpa saya sadari banyak orang yang tidak suka ternyata dengan cara dan gaya bicara saya yang terlalu banyak dan terlalu cepat tanpa ada STOP NYA!

Malahan sampai sampai orang bisa menghentikan saya ketika saya berbicara.wow!ternyata saya ini ngomong itu terus dan terus tanpa "titik" dan "koma".dan saya sadar ternyata ini bukan suatu kebiasaan yang baik.malahan akan membuat orang lain tidak betah,tidak suka berbicara dengan saya.saya pun menemukan dalam kitab amsal 29:20 yang mengatakan bahwa "orang yang cepat dengan kata katanya,harapan lebih banyak bagi orang bebal daripada bagi orang itu!!!!" berarti kalau saya tidak bisa mengontrol speed saya dalam berbicara,maka harapan saya ini tipis dibandingkan dengan orang bebal!padahal kalau kita pelajari lebih dalam di alkitab bahwa orang bebal itu diibaratkan adalah seperti anjing dan babi.dan ini sangat sangat sangat menyedihkan sekali.saya kalau tidak mau BERUBAH dari cara berkata kata saya,maka sama saja saya ini lebih rendah daripada orang orang yang macam gini.dan perkataan dalam alkitab ini sungguh sungguh dan tidak main main.saya tidak mau donk!saya harus berubah!

Tak terasa waktu sudah berlalu selama berbulan bulan dan saya tiap hari belajar mengekang lidah saya,untuk tidak banyak berbicara,dan ketika berbicara pun saya mengontrol speed saya.saya bicara seperlunya.
apakah anda tahu ketika kita banyak berbicara sekali pun maka bisa menimbulkan banyak kesalahan?mari saya ajak anda membuka amsal 10:19...dikatakan bahwa "di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran,tetapi siapa yang menahan bibirnya berakal budi"....jelas sekali kan,ketika kita banyak berbicara maka makin bisa kita banyak salah dalam perkataan kita.

Ya,sangat sakit ketika saya harus melakukan ini semua,saya tahu saya punya kebiasaan yang tidak baik dan saya tahu saya harus berubah,saya harus mau dikerat carang carang yang tidak baik dalam diri saya,yang bisa menghambat pertumbuhan rohani saya.tapi ketika saya mau belajar berubah,saya berbuah buah banyak.orang pun bisa melihat perbedaan saya,karena dari cara kita berkata katalah,orang dapat menilai siapa kita.

Saudara,mungkin anda punya kebiasaan yang sama seperti saya?its okay.kita belajar disini untuk menjadi lebih baik.dan apa yang kita lakukan ini sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.bagaimana kita bisa menjadi terang dan garam dunia kalau ketika kita berbicara itu tidak bijaksana?kata kata kita terlalu banyak dan tidak mengandung arti,kita berbicara terlalu cepat yang bisa membuat orang lain bingung dengan apa yang kita ucapkan,dan mereka mungkin akan menganggap kita ini bodoh?well,jelas kita tidak mau hal itu terjadi right?

Mari,kita belajar dari hal yang sederhana seperti perkataan kita.sudahkah lewat perkataan,kita menjadi terang dan garam dunia?renungkanlah!

GBU

Aihua

Tidak ada komentar: